STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | ||
VII | VIII | IX | |
A. Mata Pelajaran | |||
1. Qur’an-Hadits | 2 | 2 | 2 |
2. Aqidah Akhlaq | 2 | 2 | 2 |
3. Fiqih | 2 | 2 | 2 |
4. Sejarah Kebudayaan Islam | 2 | 2 | 2 |
5. Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 |
6. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
7. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
8. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
9. Matematika | 4 | 4 | 4 |
10. Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
11. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
12. Kesenian | 2 | 2 | 2 |
13. Pendidikan Jasmani | 2 | 2 | 2 |
14. Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal | |||
1. Tahfidz Juz ‘Amma | 2 | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri * | 2 *) | 2 *) | 2 *) |
J u m l a h | 40 | 40 | 40 |
* diluar jam pelajaran
B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran Wajib
Qur’an-Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesis, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kesenian, Pendidikan Jasmani, Teknologi Informasi dan Komunikasi.
2. Muatan Lokal
Tahfidz Juz ‘Amma
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Volly ball
English club
Sain club
Seni baca Al-Qur’an (tilawah)
Mading
Kesenian Rabana dan Jepin
Syarhil Qur’an
Fahmil Qur’an
Seni Kaligrafi (khotil Qur’an)
4. Kegiatan ekstrakurikuler;
Kepramukaan
Palang Merah Remaja (PMR)
Muhadarah
5. Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan beban belajar berdasarkan system paket yang telah ditetapkan dalam KTSP.
6. Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM)*
NO | MATA PELAJARAN | NILAI MINIMAL | ||
Kls. 7 | Kls. 8 | Kls. 9 | ||
1 | Qur’an-Hadits | 75 | 75 | 75 |
2 | Aqidah Akhlaq | 75 | 75 | 75 |
3 | Fiqih | 75 | 75 | 75 |
4 | Sejarah Kebudayaan Islam | 75 | 75 | 75 |
5 | Bahasa Arab | 55 | 60 | 60 |
6 | Pendidikan Kewarganegaraan | 70 | 70 | 70 |
7 | Bahas Indonesia | 60 | 65 | 70 |
8 | Bahasa Inggris | 60 | 60 | 60 |
9 | Matematika | 55 | 60 | 70 |
10 | Ilmu Pengetahuan Alam | 55 | 55 | 60 |
11 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 65 | 65 | 65 |
12 | Kesenian | 70 | 70 | 70 |
13 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 70 | 70 | 70 |
14 | Pilihan : a. Keterampilan | - | ||
b. Teknologi Informasi dan Komunikasi | 65 | 65 | 65 | |
15 | Muatan Lokal : - Tahfidz Juz ‘Amma | 75 | 75 | 75 |
* Ditetapkan setiap awal tahun pelajaran.
7. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
* Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran.
* Siswa dinyatakan naik kelas, apabila yang bersangkutan telah mencapai kreteria ketuntasan minimal pada semua indicator, hasil belajar (HB), kompetensi dasar (KD), dan standar kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.
* Siswa dinyatakan harus mengulang di kelas yang sama bila, a) memperoleh nilai kurang dari katagori baik pada kelompok mata pelajaran agama. b) Jika peserta didik tidak menuntaskan KD dan SK lebih dari 3 mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran sampai pada batas akhir tahun ajaran, dan c) Jika karena alas an yang kuat misalnya karena karena gangguan kesehatan fisik, emosi dan mental sehingga tidak memungkinkan berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan.
* Ketika mengulang di kelas yang sama, nilai siswa untuk semua indicator; KD dan SK yang ketuntasan belajar minimalnya sudah dicapai, minimal sana dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.
b. Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
- menyelesaikan seluruh program pembelajaran :
memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok pelajaran estetika, dan kelompok pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
- lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
- lulus Ujian Nasional.
7. Kalender Pendidikan
a. Berdasarkan Standar Isi
Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
b. Alokasi waktu kalender pendidikan berdasarkan standar isi.