VISI : “ TERWUJUDNYA GENERASI CERDAS, BERILMU, DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”

Selasa, 22 Mei 2012

Cristiaan Barnard, manusia pencangkok jantung

Pencangkokan jantung manusia yang pertama terjadi pada tanggal 3 Desember 1967, di Rumah Sakit Groote Schuur di Cape Town, Afrika Selatan. Pencangkokan itu dilaksanakan oleh Dokter Cristiaan Barnard. Peristiwa ini telah membangkitkan emosi yang hebat. Dari hari ke hari seluruh dunia mengikuti keadaan kesehatan Louis Washkansky, pria yang mempunyai jantung baru itu. Tetapi sayangnya delapan belas hari setelah operasi itu, Washkansky meninggal karena radang paru-paru. Tetapi pasien kedua Barnard hidup selama delapan belas bulan.
Sekarang, operasi-operasi pencangkokan jantung bukan lagi merupakan percobaan yang jarang, melainkan merupakan bagian normal dari praktek kedokteran. Obat-obat baru hamper dapat mengatasi masalah tubuh yang menolak jantung baru, dan daftar transplantasi jantung dunia mencatat beberapa ribu penerima jantung baru setiap tahunnya.
Mark telah memeriksa sebuah ensiklopedia dan menemukan bahwa transplantasi mempunyai asal mula yang sangat kuno. Ada referensi yang berasal dari tahun 750 sebelum masehi untuk transplantasi yang dilaksanakan di India oleh seorang Sushutra tetapi tanpa obat-obatan modern penawar rasa sakit dan ketermpilan pembedahan modern, operasi-operasi pada masa lampau itu pasti sangat primitive dan tidak berhasil.


0 komentar:

Posting Komentar

Senyum adalah ibadah,
komentar, masukan, dan kritikan tuk kemajuan madrasah, insyaallah juga adalah ibadah.

luangkan waktu untuk mengisi komentar di bawah ini,
trimakasih :

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More